PKPP: Praktek Kerja Profesi Psikologi

yah, jadi itulah yang sedang saya jalani sekarang sebagai mahasiswa S2 Psikologi Profesi, para pembaca sekalian! praktek kerja atau bisa juga disebut “magang” ini melatih para mahasiswa S2 Psikologi Profesi yang merupakan calon Psikolog, agar dapat mempraktikkan ilmunya dengan baik dan bertanggung jawab, sekaligus memperkenalkan sang mahasiswa terhadap lapangan kerjanya kelak.

sekedar curhat dan berbagi pengalaman, ternyata menjalani pendidikan calon psikolog dan praktek kerja ini susah-susah asik (bisa dibilang susah, tapi nambah pengalaman, makanya asik, hehe…)

awal menjalani praktek kerja ini, saya dan teman-teman sempat keteteran, karena belum dipersiapkan dgn baik dalam menghadapi praktek kerja ini, selain karena memang belum ada pengalaman sih…😀

ketika postingan ini ditulis, saya sedang dalam proses menyelesaikan praktek kerja untuk jurusan minoring saya, yaitu Psikologi Klinis Dewasa. mungkin karena ini hanya jurusan minoring yang bobot kasusnya hanya 3, dan tidak sebanyak jurusan mayoring yang harus menyelesaikan 7 kasus (mayoring saya Psikologi Pendidikan), saya dan teman satu kelompok magang/praktek terlihat lebih tenang dan lebih bisa menjawab perihal praktek psikologi klinis–atau mungkin juga karena dari awal saya ada minat mengambil jurusan Psikologi Klinis, walaupun yang kategori Anak (Psikologi Klinis Anak).

lalu, apakah saya termasuk salah jurusan? menurut saya tidak, karena saya memang bercita-cita mengabdikan diri untuk memperbaiki dan/atau mengembangkan pendidikan Indonesia mulai dari usia dini sebab saya menyukai anak kecil, dan sangat memperhatikan perkembangan anak-anak hingga dewasa. maka dari itu, masuk dalam jurusan mayoring pendidikan masih banyak kelebihannya dibanding bila saya memilih psikologi klinis dewasa (di tempat saya kuliah) sebagai jurusan mayoring saya.

yang pasti, setelah selesai PKPP Psikologi Klinis Dewasa ini, saya akan mencoba lebih menikmati dan lebih tenang dalam menjalani PKPP Psikologi Pendidikan. semangat!!!

2 pemikiran pada “PKPP: Praktek Kerja Profesi Psikologi

    • salam kenal juga! maaf, saya tidak bisa menyebutkan nama kampus saya di “area” publik ini, yang pasti saya kuliah di suatu universitas swasta yang cukup terkenal di Jakarta😀

Tinggalkan Balasan

